IBU - @debby_zhanng

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang b...

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada duai ibu bapakmu; hanya kepada-Ku engkau akan kembali (Q.S. 31:14-15)

Ketika Mbak Nina menetapkan tema IBU, pikiran saya langsung melayang pada sosok yang sangat saya cintai yaitu ibu saya. Saya terkenang pada ceritanya tentang saya sejak beliau mengandung saya hingga saya sebesar ini sekarang.

Dulu waktu ibu mengandung saya sembilan bulan, saat itu bulan Ramadhan, ketika H-4 saya lahir di dunia pada tengah malam. Saat itu ibu saya sendirian hanya ditemani ketiga anaknya dan bidan. Ayah saya sedang tugas keluar kota. Saat saya melahirkan Hafidz saya sangat membutuhkan suami saya di sisi saya, saya bingung bagaimana bisa saat ibu saya melahirkan saya dia mampu tanpa suami di sisinya. Lalu saat lebaran hampir tiba, ibu saya sudah berjalan ke pasar untuk beli bahan makanan sembari menggendong saya. Dan dia memasaknya sembari mengurus kakak-kakak saya. Padahal saat itu baru 3 hari setelah melahirkan, apakah dia tidak merasakan sakit lagi, atau dia memang tidak mau merasakan sakit a.ka sakit yang ditahan-tahan.
Selengkapnya di SINI

Baca juga:

2 komentar