Sabar - Debby - #3

Jika teringat kata sabar, tak ada seorang pun dari kita bisa benar-benar sabar kecuali junjungan kita nabi Muhammad SAW. Sabar termasuk ak...

Jika teringat kata sabar, tak ada seorang pun dari kita bisa benar-benar sabar kecuali junjungan kita nabi Muhammad SAW.

Sabar termasuk akhlak paling utama, menurut Imam AL Ghazali, Allah SWT menyebutkan sabar dalam Al Quran lebih dari 70 tempat, sementara menurut Abu Thalib al-Makky mengutip sebagian perkataan sebagian ulama: “Adakah yang lebih utama daripada sabar, Allah telah menyebutkannya di dalam kitab-Nya lebih dari 90 tempat. Kami tidak mengetahui sesuatu yang disebutkan Allah sebanyak ini kecuali sabar.”.

Sabar menurut bahasa berarti menahan dan mengekang. Di antaranya disebutkan pada QS.Al-Kahfi [18]: 28 “Dan tahanlah dirimu bersama dengan orang-orang yang menyeru Rabbnya di pagi dan di senja hari dengan mengharap keridhaanNya, dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka.”


Kebalikan sabar adalah jaza’u (sedih dan keluh kesah), sebagaimana di dalam firman Allah QS. Ibrahim [14]: 21, “...sama saja bagi kita mengeluh ataukah bersabar. Sekali-kali kita tidak mempunyai tempat untuk melarikan diri.”

Ada satu cerita yang selama ini membuat saya ingat arti kesabaran ketika saya sedang hilang kesabaran. Semoga kisah ini menjadi pelajaran untuk kita semua dan mengingatkan kita agar selalu belajar dari apa yang Rasulullah SAW ajarkan.

---



Baca selengkapnya di SINI

Baca juga:

0 komentar